Friday, January 13, 2006

MeNJaDi PeNYeiMBaNG

Salah satu sifat manusia adalah ingin disetujui. Manusia akan senang jika pendapatnya mendapat persetujuan dari manusia lain, dan itu bukan suatu masalah. Yang jadi masalah, sifat itu membuat kita sebagai manusia sering kali memaksa orang lain untuk menyetujui pendapat kita atau melakukan apa yang kita minta. Dan akan lebih parah lagi jika kita melakukan hal itu terhadap orang-orang yang kita sayangi, misalnya keluarga, pasangan atau teman-teman.
Coba kita ingat, berapa kali dalam sehari kita mengomel atau menggerutu, bahwa orang-orang yang kita sayangi itu tidak berlaku sebagaimana mestinya (menurut kita). Apalagi kepada pasangan, betapa besar tuntutan kita kepadanya, kurang sabar lah, terlalu sabar lah, terlalu alakadarnya lah, kurang jaga image lah, kurang semangat, terlalu semangat, dan lain sebagainya.
Sekali waktu, cobalah melihat dari sisi lain, dari sisi positif. Memang bukan hal mudah, tapi bukan tidak mungkin dilakukan.
Ketika kita merasa si dia kurang sabar misalnya, cobalah lihat dari sisi baiknya. Mungkin dia bukan kurang sabar, hanya saja, dia orang yang sangat fokus pada apa yang ditujunya, sehingga terkesan agak keras dan kurang sabar. Padahal mungkin itu dia lakukan untuk kebahagiaan kita juga.
Atau, ketika kita merasa si dia terlalu sabar misalnya, cobalah lihat dari sisi baiknya, jangan dilihat bahwa ia kurang bersemangat. Kesabaran itu tidak bisa dipaksakan dan sulit untuk dipelajari, kesabaran adalah karunia yang Tuhan berikan, kesabaran jika diimbangi dengan kemauan yang keras, bisa menjadi senjata untuk meraih apa pun.
Kalau saja kita mau berusaha sedikit menjadi 'penyeimbang', kita bisa menjadi 'team' yang solid. Berusahalah menjadi 'penambal' dari kekurangannya; jadilah 'peredam' bagi 'si kurang sabar' dan jadilah 'penyemangat' bagi 'si terlalu sabar'. Jadilah 'murid' bagi si 'terlalu pintar' dan jadilah 'guru' bagi si 'kurang pintar'. Perlihatkan pada si 'terlalu jaim' bahwa hidup ini bisa lebih dinikmati andai dia bisa sedikit relax dan low profile, dan tunjukkan pada 'si selebor' caranya meningkatkan postur diri.
Dan menjadi penyeimbang tidak terasa terlalu sulit kalau kita bisa memandang 'kekurangannya' itu dari sisi positif, apa pun kekurangannya itu.