Tuesday, July 03, 2007

MeNYiKaPi MaSa LaLu

Masa lalu adalah bagian dari hidup kita yang, suka atau tidak, tidak bisa lagi kita ubah, meskipun ada bagian dari masa lalu kita itu yang kita anggap buruk, dan kita berharap tidak pernah mengalaminya. Tapi kita punya hal yang lebih berharga, yang bisa membuat kita bertumbuh dan berkembang, yang namanya 'pilihan'. Ya, pilihan dengan cara bagaimana kita menyikapi masa lalu -yang menurut kita buruk- tersebut.
Masa lalu buruk bisa menjadi penghalang langkah kita untuk maju jika kita menganggapnya demikian, karena pada intinya, sikap kita sangat dikendalikan oleh pikiran kita. Masa lalu buruk tersebut bisa menyebabkan ketakutan, trauma, kecurigaan berlebihan, rasa rendah diri, dan mungkin masih banyak lagi hal negatif lainnya.
Tapi jika yang kita lakukan adalah sebaliknya, dengan mensyukuri masa lalu buruk tersebut sebagai pengalaman berharga, dan menerimanya sebagai bagian dari hidup kita, maka hasilnya akan sangat berbeda. Dari pelajaran itu insya Allah kita jadi pribadi yang lebih matang, lebih memahami, dan lebih banyak bersyukur karena diberi kesempatan untuk menjadi lebih baik lagi. Baik itu tidak pernah ada batasnya, kita selalu bisa menjadi lebih baik setiap harinya, batasnya adalah langit.

No comments: