Tuesday, October 07, 2008

Bergunjing dengan 'cerdik'

Entah kenapa, tiba-tiba aku teringat akan seseorang yang cukup aku kenal, tapi lama tidak kujumpai. Ia adalah kerabat mamaku, namanya tidak perlu aku sebutkan di sini. Mungkin ia juga sedang teringat kepadaku.

Orangnya sebenarnya cukup menyenangkan diajak ngobrol, sayangnya ia senang bergunjing tentang orang lain. Awalnya aku tidak begitu memperhatikan hal tersebut, tapi semakin sering ngobrol dengannya, ada begitu banyak hal tentang orang lain yang tidak perlu kami ketahui, justru kami ketahui secara cukup mendetil. Memang sih yang ia ceritakan itu kadang bukan 'top secret', tapi menurutku, tidak perlu juga harus disebar luaskan. Dan hebatnya lagi, ia melakukannya dengan cara yang cukup cerdik, ia tidak perlu mengatakan terus terang bahwa Si A jahat, atau si B melakukan hal yang memalukan, atau si C hidupnya melarat, tapi melalui kata-katanya, suatu opini dengan sendirinya terbentuk dalam benak kita tentang orang-orang yang digunjingkannya itu. Sejujurnya, perlu bertahun-tahun mengenal orang ini dengan baik, baru aku bisa melihat 'kelebihannya' ini.

Yah, itulah sedikit cerita tentang dirinya, aku sih berharap ia bisa menghentikan kebiasaanya itu, mengingat ia sudah punya beberapa anak dan cucu yang perlu diberi contoh bersikap yang baik.

No comments: